CALIFORNIA - Para peneliti antivirus membeberkan sebuah fakta mengejutkan. Sebanyak 3,5 juta komputer telah terinfeksi virus melalui Windows dalam waktu empat hari saja.

Virus-virus yang dikenal dengan Conficker, Downadup, dan Kido, menyebar melalui Windows yang pernah mengalami patch pada Oktober 2008 lalu. Hasilnya, tidak kurang 8,9 juta pengguna komputer khususnya Personal computer (PC) terinfeksi, bahkan 2,4 juta di antaranya merangsek dalam empat hari belakangan.

Dalam laporan Vnunet, Minggu (18/1/2009), biasanya para virus tersebut membawa paket Trojan yang ganas. Cara kerjanya pun susah dilacak, sebab para pengguna dimanipulasi untuk mau mengunduh sebuah file palsu, yang berisi Trojan. Selain itu, domain yang dituju semuanya mengacak, sehingga sangat sulit untuk ditelusuri.

"Kami sarankan agar pengguna untuk memblokir semua lalu lintas masuk dan keluar pada port 445 dari komputer mereka untuk memastikan bahwa virus tidak 'mengeksploitasi' data penting yang ada, ini juga untuk menghindari menjalarnya virus ke file lain," jelas Graham Cluley, Konsultan teknologi senior untuk Sophos.

Cluley juga menambahkan kalau salah satu indikasi virus telah menjangkit komputer anda adalah, ketika untuk log-in masuk selalu gagal, atau meskipun terkadang ada yang gagal dan mesti diulang-ulang. (srn) (dikutip dari okezone.com)


0 comments